728x90 AdSpace


Latest News
Wednesday 13 December 2017

Berani mengakui kesalahan sendiri


Berani mengakui kesalahan sendiri sebelum menyalahkan orang lain.
Mengapa anda kita harus membuktikan bahwa orang lain salah. Dia tidak meminta pendapat anda. Apakah hal ini akan membuatnya menyukai anda. Mengapa tidak membiarkan mereka menyelamatkan muka/harga dirinya.
Kalau anda mendebat dan bersikeras dan menentang, anda kadang-kadang memang akan mendapat kemenangan, tapi itu adalah kemenangan kosong, karena anda tidak akan pernah memperoleh kehendak baik lawan anda.
Jika anda mengatakan orang lain salah, apakah anda dapat membuat mereka setuju dengan anda. Jawabannya adalah tidak pernah karena anda telah menghantam langsung kecerdasannya, kebanggaan dan harga dirinya. Mereka akan berusaha untuk membalasnya dan anda tidak pernah membuat mereka ingin mengubah pikirannya.
Jangan pernah memulai pembicaraan dengan mengatakan: “Saya akan buktikan sesuatu kepada anda”. Kalau anda hendak membuktikan apa pun, jangan buat seorang pun mengetahui hal itu, bijaksanalah.
Kita tidak dapat mengajarkan apapun pada seseorang, kita hanya bisa membantunya menemukannya sendiri dalam dirinya.
Lebih mudah mendengarkan kritik diri sendiri dari pada menerima cercaan dari bibir orang lain.
Akan menjadikan orang mempunyai perasaan penting. Tatkala kita menyalahkan diri kita sendiri maka mereka mengambil sikap murah hati dan bersimpati / memberikan belas kasihan.
Hasrat kita untuk mengkritik diri sendiri, menyurutkan hasrat orang lain untuk menyerang kita.
Segeralah meminta maaf jika melakukan kesalahan, termasuk kepada istri, dan anak-anak.
Kita tidak akan sakit hati mendengarkan orang mengkritik kesalahan kita apabila orang yang mengkritik tsb memulai dengan mengakui bahwa ia jauh dari sempurna dan sering melakukan kesalahan yang sama.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Berani mengakui kesalahan sendiri Rating: 5 Reviewed By: Rustadi