728x90 AdSpace


Latest News
Wednesday 13 December 2017

Dampak Overfishibg


Sahabat Nusantara Yang saya cintai.
Dalam Postingan ini kita akan bertanya pada diri ini Apakah overfishing ini telah sehingga sepertinya apa yang kita lihat dengan mata kasat ada dibeberapa suatu Daerah sepertinya populasi ikan ini tidak seperti biasanya apakah ini akibat sering terjadi bencana alam atau karena akibat perpindahan musim atau mungkin pengaruh fenomena alam yang pernah terjadi dengan berbagai kejadian dimaa mana. 
Dalam pengamatan ini sepertinya kita bertanya tanya apakah ini juga terjadi akibat adanya Overfishing yang terjadi di negqra kita ? 
Apakah memang ada yang namanya Overfishing???
jawabanya ya dan tidak !. para ahli perikanan menyatakan bahwa di beberapa daerah seperti pantai utara jawa dan wilayah sumatra sudah menglami overfishing, namun hal itu lebih didasarkan pada maximum sustainable yield yang disepakati. Apakah kemudian hal itu sudah cukup untuk melakukan intervensi kebijakan?, jawabannya tentu saja belum, karena yang penting adalah seberapa besareconomic overfishing  yang terjadi. Berusaha menyelesaikan masalah overfishing dengan memberikan subsidi agar mereka bisa lebih mencari daerah penangkapan lain sama halnya mengatasi masalah kegemukan dengan mengendorkan ikat pinggang. Solusi overfishing tentu saja menyangkut solusi terhadap over capasity secara keseluruhan.

Kalu overfishing terjadi maka tentu saja semua ada dampaknya.
Overfishing bukan semata berdampak pada menurunnya produksi dan rusaknya ekosistem. Karena dalam skala makro, overfishing bisa menimbulkan suatu fenomena yang disebut fleet migration. Dengan jumlah armada yang terus meningkat, negara-negara yang mengalami penurunan stok dan produksi, serta peningkatan kompetisi, akan bereaksi dengan mencari fishing ground yang lebih produktif baik secara legal maupu ilegal.  Fleet migration juga pada gilirannya akan menimbulkan transfer over capasity dari suatu negara ke negara lain atau dalam skala nasional dari suatu daerah ke daerah lain.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Dampak Overfishibg Rating: 5 Reviewed By: Rustadi